Senin, 29 April 2013 Dinas Pengendalian Pertanahan Daerah (DPPD) Kabupaten Sleman membahas sinkronisasi analisi jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Sebelumnya pada tahun 2012 DPPD telah menyelesaikan penyusunan anjab dan ABK yang didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Setelah hasil anjab dan ABK diserahkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dilakukan pencermatan dan koreksi atas hasil anjab dan ABK tersebut untuk disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN&RB), sehingga perlu kembali dilakukan sinkronisasi.

Hal yang mendasar atas PermenPAN&RAB ini adalah adanya jabatan umum bagi staf di masing-masing seksi di bidang dan sub bagian di sekretariat. Untuk staf diskretariat yaitu di subbag umum dan kepegawaian dimungkinkan adanya jabatan pengadministrasi umum, pengadministrasi barang, pengadministrasi kepegawaian dan pramu kantor. Di sub bagian keuangan, perencanaan dan evaluasi dimungkinkan adanya jabatan pengadministrasi keuangan, penatalaksanaan keuangan dan penyusun program dan laporan. Sedangkan di seksi setiap bidang hanya dimungkinkan adanya jabatan penyiap bahan dan penatalaksana. Namun demikian di masing-masing jabatan dimungkinkan bisa diisi lebih dari satu orang tergantung dengan beban kerja berdasarkan perhitungan dalam ABK.

Hasil dari anjab dan ABK ini kedepan, juga diperlukan untuk menentukan formasi kebutuhan dalam rekruitmen calon pegawai negeri sipil bagi pemerintah daerah untuk masing-masing jabatan staf di masing-masing SKPD. Menurut Kasubbag Umum dan Kepegawaian, DPPD, Agus Puguh Santosa, berdasarkan hasil anjab dan ABK yang telah disusun DPPD masih kekurangan sekitar 6 orang pegawai untuk mencukupi kebutuhan pegawai dibandingkan beban tugas yang diembannya. “Dari saat ini yang berjumlah 43 orang pegawai, menurut anjab dan ABK dibutuhkan sebanyak 49 orang pegawai atau kekurangan 6 pegawai” jelasnya.

Kepada masing-masing kepala bidang dan seksi segera mensinkronkan anjab dan ABK disesuaikan dengan Permen PAN&RB, terutama dalam menempatkan staf yang saat ini ada dalam jabatan yang sesuai dengan syarat jabatan yang dipersyaratkan dan tetap memperhatikan analisa beban kerja setiap jabatan yang ada.

By: Si DIF 2013